DISELAMATKAN BURUNG

Sering dalam melakukan sesuatu kita lebih suka terlibat pada pekerjaan-pekerjaan besar dan menganggap remeh urusan-urusan kecil. Buat kita, yang besar akan melahirkan kebesaran, yang besar akan melipatgandakan keuntungan baik di dunia maupun akhirat.

Namun, Allah SWT menepis anggapan hamba-Nya melalui kisah seekor burung pipit yang menolong Umar bin Khatab di alam kubur.

Pada masa hidupnya, Umar bin Khatab dalam suatu perjalanan menuju Madinah, melihat seorang anak kecil tengah mempermainkan seekor burung pipit dalam tangannya. Timbul rasa iba di hati Umar r.a. yang kemudian membeli burung pipit tersebut dan melepaskannya.

Nah, tatkala Umar bin Khattab meninggal dunia, sebagian sahabat bermimpi melihat Umar r.a. dan bertanya: “Apa yang telah Allah perbuat terhadap dirimu, ya Umar? “Umar r.a. menjawab, “Allah telah mengampuni diriku dan menghindarkan siksa-Nya dariku”.

Sahabat tersebut bertanya lagi,”Sebab apa Allah mengampunimu? Apakah karena kedermawananmu? Keadilanmu? Atau karena kezuhudanmu?

Umar r.a. menjawab, “Sewaktu kalian meletakkan aku dalam kubur, menimbuniku dengan tanah dan kemudian pergi meninggalkanku seorang diri, maka datanglah dua malaikat yang sangat menakutkan menghampiriku. Aku begitu ketakutan hingga seluruh ruas-ruas tulangku gemetaran”.

“Ketika, mereka hendak menanyaiku, tiba-tiba terdengarlah suara Allah memanggil kedua malaikat tersebut, ‘Tinggalkan hambaKu ini, jangan kalian menakut-nakutinya. Karena sesungguhnya Aku telah mengampuni dan menghindarkan siksa dirinya, karena dia telah mengasihi seekor burung pipit sewaktu di dunia, sehingga Aku mengasihi dirinya di akhirat”. (chs0997_gkp)

Sumber : Gubernur Kuli Panggul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s